Mengenal Edge Computing dan Manfaat yang Dihasilkan untuk Perusahaan

Perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, Schneider Electric mengumumkan temuan survei Tech Research Asia (TRA) tentang edge computing di Asia Pasifik.

Adapun konteks dari survei tersebut membahas keadaan TI pada era sekarang, tujuan dan penggunaan edge computing, serta panduan di masa mendatang. Laporan ini juga membahas insight terhadap edge computing pada lima segmen industri secara lebih mendalam.

Manfaat edge computing

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa 72 persen responden yang telah mengadopsi edge computing melihat manfaat dalam pengurangan biaya TI, diikuti dengan penurunan biaya operasional sebanyak 46 persen dan peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 34 persen.

Sektor pendidikan tinggi menempati urutan teratas dengan jumlah 68 persen sebagai sektor yang telah mengadopsi edge computing.

Baca juga: Tak Hanya Cloud, Perusahaan Butuh Teknologi Ini untuk Hadapi Era Industri 4.0

Demikian pula di sektor healthcare. Sekitar setengah dari responden di industri ini menyatakan telah mengadopsi edge computing. Sejumlah 80 persennya adalah pengguna yang sudah ada dari beberapa bentuk layanan cloud computing.

Salah satu alasan utama pemanfaatan teknologi edge computing adalah berkurangnya masalah bandwidth dan latensi, memenuhi kewajiban terhadap aspek keamanan, serta meningkatkan efisiensi biaya.

Di sektor layanan keuangan, preferensi terhadap komputasi edge cukup tinggi. Sebanyak 63 persen institusi layanan keuangan di Asia Pasifik menyatakan telah mengadopsi edge computing.

Adopsi edge computing

Terkait adopsi pasar, sekitar 28 persen pemimpin TI di kawasan Asia Pasifik menyatakan bahwa mereka memanfaatkan edge computing di berbagai lokasi dengan tambahan pengguna baru sebanyak 38 persen dalam 24 bulan ke depan. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah lokasi dari rata-rata 7 lokasi menjadi 11 lokasi.

Sebanyak 39 persen responden perusahaan di Indonesia menyatakan bahwa mereka sudah mengadopsi edge computing. Sedangkan sekitar 40 persen lainnya u baru mengenal, tetapi memahami konsepnya.

Baca juga: Peran Internet dan Data Center Semakin Vital di 2021

Adapun beberapa tujuan utama pemanfaatan edge computing bagi perusahaan, di antaranya:

  • Solusi edge memberikan pengalaman yang lebih baik dan memungkinkan pelanggan mengakses data dan aplikasi dengan lebih aman dan cepat.
  • Dapat mengurangi latensi dan memungkinkan karyawan menjadi lebih produktif, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi IoT terbaru yang menekankan pada fungsionalitas.
  • Memungkinkan pemeliharaan peralatan dan mesin secara proaktif, memantau kinerja gedung dan aset, serta memastikan pemantauan keamanan CCTV secara real-time.

Secara keseluruhan, pengguna awal edge computing di Asia Pasifik melihat penurunan biaya TI dan operasional yang berdampak terhadap peningkatan bisnis yang berkisar rata-rata 5-10 persen.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

2 thoughts on “Mengenal Edge Computing dan Manfaat yang Dihasilkan untuk Perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: