Tak Hanya Cloud, Perusahaan Butuh Teknologi Ini untuk Hadapi Era Industri 4.0

Untuk terjun di era industri 4.0, perusahaan tak hanya membutuhkan teknologi berbabis cloud saja. Sebab, kecepatan dan ketahanan yang diminta oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence), machine learning, dan teknologi industri 4.0 lainnya membutuhkan infrastruktur IT lokal guna menyediakan daya pemrosesan dan penyimpanan lebih optimal.

Infrastruktur tersebut dapat hadir dalam berbagai lingkup dan ruang, tetapi jika berada di lingkungan industri seperti pabrik atau pusat distribusi, hal itu dikenal sebagai komputasi tepi industri atau industrial edge computing.

Vice President ARC Advisory Group Craig Resnick mengatakan, industri manufaktur memiliki keunggulan sebagai salah satu segmen otomatisasi industri yang tumbuh paling cepat dan pendorong utama yang memengaruhi transformasi digital.

Industrial edge computing sangat penting untuk membantu produsen mengukur kinerja aset dengan tepat, mengidentifikasi area masalah dengan cepat, dan membuat perubahan dalam waktu nyata untuk meningkatkan operasi serta memberikan ROI sesingkat mungkin,” jelasnya.

Baca juga: Peran Internet dan Data Center Semakin Vital di 2021

Dalam sebuah industri, baik itu pabrik manufaktur atau fasilitas pengolahan air limbah, industrial edge computing digunakan untuk menggerakkan mesin dan proses yang diklasifikasikan sebagai operation technology (OT).

Meski demikian, ternyata tak banyak staf OT yang memiliki pengalaman untuk memasang atau mengoperasikan server, penyimpanan, perangkat lunak, dan peralatan jaringan yang penting untuk edge computing. Sebab, sistem semacam itu secara tradisional merupakan bidang IT.

Untuk mengatasi permasalahan itu, integrator sistem industri dan penyedia solusi IT dapat membantu perusahaan menjembatani kesenjangan tim IT dan OT.

Schneider Electric, salah satu perusahaan yang fokus pada teknologi dan otomatisasi pun telah berinvestasi dalam sumber daya yang dapat membantu integrator sistem industri serta penyedia solusi IT memanfaatkan peluang edge computing.

Schneider Electric juga menawarkan pembelajaran pengembangan profesional baru untuk membantu integrator sistem industri menetapkan diri mereka sebagai konsultan IT dan OT tepercaya bagi pelanggan mereka.

Terakhir, ada pula Industrial Edge Computing Forum yang dihadirkan oleh Schneider Electric Exchange. Forum ini memungkinkan integrator sistem industri dapat mengidentifikasi dan terlibat dengan penyedia solusi IT bersertifikat edge computing.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Tak Hanya Cloud, Perusahaan Butuh Teknologi Ini untuk Hadapi Era Industri 4.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: