Jangkau Daerah Terpencil, Perusahaan Wajib Manfaatkan Jaringan Sistem Edge Computing

Data sensus penduduk Amerika Serikat pada 2020 menunjukkan, banyak warga Amerika Serikat yang bermigrasi keluar dari kota besar. Saat orang-orang keluar dari lingkaran pusat bisnis, mereka secara tidak langsung juga meninggalkan jaringan kuat yang dibangun di kota besar.

Di rumah pada lokasi yang baru, mereka banyak yang menggunakan teknologi pintar. Selain itu, banyak pula yang tetap bekerja dan berbisnis dari rumah akibat tren digitalisasi.

Baca juga: Upaya Perusahaan Pertambangan dan Logam dalam Mempercepat Fokus pada Asas Keberlanjutan

Hal itulah yang membuat beberapa perusahaan penyedia cloud ternama seperti Amazon, Facebook, Google, dan Schneider Electric, baru-baru ini melakukan investasi data center di berbagai tempat di Amerika Serikat. Ada di Umatilla, Oregon (Newton), Georgia, Bridgeport, dan Alabama.

Uniknya, lokasi-lokasi tersebut merupakan kota-kota kecil di Amerika Serikat dan jauh dari pusat bisnis. Namun, keputusan untuk mendirikan pusat data center di daerah yang lebih terpencil kemungkinan didorong oleh perubahan demografis.

Perusahaan riset dan analis Gartner memperkirakan, sekitar 75 persen data akan diproses atau dianalisis di tepi jaringan (edge computing) pada 2025. Prediksi ini menyoroti penekanan berkelanjutan pada pengalaman individu sebagai tulang punggung persaingan perusahaan.

Baca juga: Supaya Aman, Jaringan Edge Computing Harus Dilindungi oleh Sistem Keamanan Cyber

Kedekatan itu penting. Kebutuhan untuk memperpendek jarak antara penyedia layanan dan individu adalah alasan banyak perusahaan penyedia jasa cloud, salah satunya Schneider Electric, melihat dorongan berkelanjutan untuk melakukan investasi infrastruktur 5G.

Jaringan 5G bisa meningkatkan layanan dengan bandwidth jaringan yang lebih cepat, bahkan untuk individu yang tinggal lebih jauh dari hub jaringan atau pusat kota.

Investasi infrastruktur edge computing

Perusahaan teknologi bukan satu-satunya organisasi yang berinvestasi besar dalam edge computing. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemain telekomunikasi telah menjual sebagian besar kepemilikan data center mereka dan mengalihkan perhatian untuk berinvestasi infrastruktur 5G.

Pembangunan infrastruktur cenderung berfokus pada tempat-tempat ramai, termasuk arena olahraga, gedung penyedia layanan kesehatan, dan pusat transportasi. Namun, operator telekomunikasi juga dapat memanfaatkan data sensus sebagai panduan lokasi investasi infrastruktur selanjutnya.

Baca juga: Hadirkan Solusi Listrik Tenaga Surya, Schneider Electric Suntikkan Dana Investasi kepada Xurya, Startup Energi Terbarukan dariĀ Indonesia

Hampir semua bisnis dalam skala apa pun kini harus lebih fokus pada kemampuan jarak jauh. Ke depan, perusahaan harus menjangkau pelanggan dan karyawan secara di lokasi yang lebih tersebar. Untuk melakukannya, diperlukan perluasan infrastruktur yang dapat secara efektif menjangkau pengguna akhir (end user) di berbagai tempat.

Transisi investasi mungkin akan mudah dilakukan bagi perusahaan besar dengan dana miliaran dollar. Namun, tidak setiap perusahaan memiliki kemampuan finansial untuk melakukan perubahan serupa.

Meski demikin, perusahan yang lebih kecil juga masih memiliki kesempatan dapat mengikuti jejak perusahaan besar dalam berinvestasi di jaringan tepi. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang investasi edge computing, silakan berkunjung ke laman resmi Schneider Electric.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

2 thoughts on “Jangkau Daerah Terpencil, Perusahaan Wajib Manfaatkan Jaringan Sistem Edge Computing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: