Upaya Perusahaan Pertambangan dan Logam dalam Mempercepat Fokus pada Asas Keberlanjutan

Untuk mencapai target keberlanjutan, industri pertambangan wajib melakukan transformasi digital. Pasalnya, kedua hal itu berkaitan erat dengan peran industri dalam mengurangi jejak karbon.

Melihat kebutuhan tersebut, Schneider Electric dan AVEVA pun bekerja sama dalam mendorong transformasi digital dan keberlanjutan perusahaan pertambangan melalui empat pilar, yakni efisiensi energi, peningkatan pengembalian investasi (yield), adopsi teknologi rendah emisi rumah kaca, dan proses hijau baru.

Baca juga: Inovasi Schneider Electric Kurangi Dampak Perubahan Iklim dengan Memanfaatkan Teknologi

Vice President (VP) North America, Mining, Minerals and Metals Segment Schneider Electric David Willick mengatakan, operasional perusahaan yang terintegrasi secara digital dapat mendukung asas keberlanjutan dengan menggabungkan kecerdasan teknologi.

“Digitalisasi merupakan faktor penting industri sumber daya. Schneider Electric dan AVEVA berkomitmen untuk membantu. Bersama-sama, kami telah mendapatkan kepercayaan dari banyak perusahaan terkemuka di dunia dengan ribuan implementasi,” kata David dalam acara webinar yang digelar secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Dekarbonisasi global, lanjutnya, juga bergantung pada produksi mineral dan komoditas yang berkelanjutan. Sektor pertambangan dan logam yang sehat pun sangat penting bagi ekonomi global, seperti pengurangan perubahan iklim, perlindungan lingkungan, dan ekonomi sirkular.

Schneider Electric dan AVEVA menyediakan teknologi yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan tepat dari segi keberlanjutan,” jelas David.

Baca juga: Hadirkan Solusi Listrik Tenaga Surya, Schneider Electric Suntikkan Dana Investasi kepada Xurya, Startup Energi Terbarukan dari Indonesia

Senior Research Manager IDC Energy Insights-WW Mining Ben Kirkwood sependapat dengan David. Ia mengatakan, teknologi memiliki peran penting dalam mendukung perusahaan pertambangan mencapai target keberlanjutan.

“Dengan penggunaan teknologi, perusahaan memiliki visibilitas serta kontrol lebih besar terhadap operasional mereka. Hal itu berkaitan dengan penghematan energi, penggunaan air, dan pengelolaan lingkungan,” kata Ben.

Namun, masalahnya, industri pertambangan dibatasi oleh infrastruktur lama, kekurangan data, dan kurangnya program pengoptimalan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Schneider Electric menghadirkan solusi manajemen energi, sistem, dan layanan otomasi guna membantu industri pertambangan mencapai target keberlanjutan mereka.

Solusi tersebut bisa digabungkan dengan solusi transformasi pertambangan digital dari AVEVA yang memungkinkan perusahaan tambang mengubah operasi penambangan konvensional menjadi bisnis yang lebih cerdas, tangguh, dan berkelanjutan.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

3 thoughts on “Upaya Perusahaan Pertambangan dan Logam dalam Mempercepat Fokus pada Asas Keberlanjutan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: