Menilik Ragam Teknologi Teranyar Hotel untuk Sambut Era Pascapandemi

Pandemi Covid-19 menyebabkan disrupsi besar dalam pengaplikasian teknologi di hampir semua sektor industri. Salah satunya industri perhotelan atau hospitality. Adapun pemanfaatan teknologi baru tersebut ditujukan untuk mengurangi kontak fisik dengan benda atau antarmanusia.

Fasilitas berteknologi tinggi, seperti kontrol kamar otomatis kini dipandang sebagai suatu kebutuhan.

Namun, investasi teknologi pada industri perhotelan tidak hanya diperuntukkan untuk memenuhi standar kenyamanannya saja, tetapi dari segi keamanan juga.

Baca juga: Schneider Electric Bahas Masa Depan Data yang Tangguh di Innovation Day 2021

Beberapa teknologi baru yang mulai diterapkan adalah check-in/out secara online, penggunaan smartphone sebagai kunci virtual, berbicara dengan resepsionis menggunakan smartphone, dan kemampuan untuk pengoperasian hiburan di kamar tanpa sentuhan, seperti sistem pengaturan pencahayaan, suhu, serta tirai.

Dari sudut pandang pemilik hotel, tren menuju percepatan integrasi teknologi kontrol kamar otomatis menghadirkan tiga peluang untuk pertumbuhan bisnis baru.

Pertama, meningkatkan kenyamanan tamu. Solusi kontrol kamar dapat dikonfigurasi para tamu agar tamu dapat mengunduh aplikasi sederhana yang memungkinkan kontrol pribadi melalui smartphone.

Kedua, meningkatkan operasional dan efisiensi energi. Solusi kontrol ruangan memungkinkan penggunaan energi di dalam ruangan dapat disesuaikan secara otomatis, berdasarkan parameter ruangan dalam status “ditempati” atau “tidak ditempati”.

Sensor di kunci pintu dan langit-langit akan mendeteksi kehadiran tamu. Bila tamu meninggalkan ruangan, lampu akan mati secara otomatis, suhu pendingin ruangan akan menyesuaikan, dan tirai secara otomatis tertutup untuk menghemat energi.

Ketiga, pemeliharaan yang lebih cepat dan lebih responsif. Staf pemeliharaan dapat mengidentifikasi masalah dari jarak jauh sebelum memasuki ruangan dan dapat cepat mengatasinya tanpa mengganggu tamu.

Keterbukaan, fleksibilitas, dan keandalan

Saat menjelajahi pasar untuk mencari solusi manajemen kamar tamu terbaik, pemangku kepentingan hotel harus mempertimbangkan empat aspek solusi penting yang memungkinkan pengendalian biaya sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan tamu:

1. Sistem terbuka untuk memungkinkan integrasi yang mudah dari sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti property management systems (PMS), kunci pintu dan tirai jendela otomatis, serta sistem pencahayaan dan ventilasi cerdas.

2. Sistem modular yang dapat menawarkan fleksibilitas untuk upgrade dari layanan dasar ke layanan lebih lengkap dengan biaya minimum. Hal ini akan memungkinkan pemilik hotel dapat lebih mudah memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tamu yang berubah.

3. Sistem keamanan siber yang dirancang dengan proses secure development lifecycle untuk meminimalisasi risiko peretasan oleh penjahat siber.

4. Dasbor intuitif dan berwawasan luas yang dapat memberikan data tentang pemakaian energi serta jumlah tamu. Dasbor harus mudah dipahami dan bermanfaat bagi departemen teknik, housekeeping, dan staf manajemen hotel.

Baca juga: Serukan Seluruh Industri di Dunia untuk Atasi Perubahan Iklim, Schneider Electric Selenggarakan Innovation Day 2021

Keempat faktor tersebut pun menjadi fokus Schneider Electric untuk menghadirkan solusi EcoStruxure Connected Room Solutions for Hotels.

Solusi Exostruxure terbaru tersebut akan memudahkan pengelola hotel dalam melakukan pemantauan, pengawasan, manajemen energi, dan peningkatan kenyamanan tamu untuk menuju hotel masa depan.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

2 thoughts on “Menilik Ragam Teknologi Teranyar Hotel untuk Sambut Era Pascapandemi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: