Jangan Ketinggalan Zaman, Industri Harus Terdigitalisasi dengan 5 Langkah Ini

Survei Forbes Insights 2020 mencatat, sebanyak 80 persen CEO atau pemimpin industri di seluruh dunia mengatakan bahwa Covid-19 mempercepat digitalisasi operasi mereka.

Sementara itu, sekitar 64 persen mengatakan bahwa pandemi mempercepat pembuatan model bisnis digital baru dan aliran pendapatan.

Baca juga: Schneider Electric Canangkan Target Baru dalam Strategi Keberlanjutannya

Dengan peralihan ke digital, para pemimpin industri percaya industri dapat menciptakan masa depan yang lebih maju secara teknologi dan mengutamakan digital untuk generasi berikutnya.

Berikut 5 langkah yang mereka lakukan untuk mewujudkan upaya tersebut.

1. Automasi untuk optimalisasi

Inovasi teknologi di berbagai sektor memungkinkan pendekatan baru untuk manajemen energi dalam operasional. Perusahaan bisa mengubah model operasionalnya dari sistem jaringan terpusat tradisional ke model inovatif yang saling terhubung (terdesentralisasi).

Guna mewujudkan potensi penuhnya, jaringan terdistribusi tersebut bisa menggunakan proses automasi.

Industri pun perlu membangun akses ke seluruh jaringan energi untuk membantu mengoptimalkan biaya selama siklus hidup pabrik dengan memperpendek masa produksi dan mengurangi jejak karbonnya. Ini adalah the next generation dari manajemen energi automasi.

2. Mendigitalkan supply chain

Seluruh rantai pasokan atau supply chain dapat dioperasikan dalam ekosistem terpadu yang sepenuhnya digital. Ambil contoh salah satu perusahaan yang fokus pada automasi dan energi, Schneider Electric.

Schneider Electric menghubungkan pemasok, pelanggan, dan mitra secara end-to-end. Perusahaan asal Prancis ini juga menghadirkan visibilitas dan kecerdasan yang lebih baik ke setiap proses mereka.

Pada akhirnya, langkah tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan operasi, memprediksi gangguan, dan mencegah kegagalan.

3. Terhubung dengan cloud

Sistem komputasi cloud memberikan daya tak terbatas yang lebih efisien dan nyaman daripada fasilitas hosting. Kuncinya adalah koneksi, bukan migrasi.

Baca juga: Perencanaan Digitalisasi Infrastuktur Terintegrasi di Rumah Sakit Beri Jaminan Keselamatan Pasien

Dari lantai pabrik hingga ruang kontrol, ribuan titik akhir menghasilkan data yang sangat penting sepanjang waktu. Dengan menghubungkan titik akhir tersebut ke ruang kontrol berbasis cloud, industri mendapatkan akses langsung ke artificial intelligence (AI), machine learning, dan sumber daya teknologi lainnya untuk memaksimalkan big data.

4. Pendekatan tim dan teknologi

Langkah selanjutnya yang bisa industri lakukan adalah menyinkronkan pekerja, prosesnya, dan asetnya untuk menciptakan lingkungan kerja digital yang kolaboratif dan fokus pada pertumbuhan.

Guna mewujudkannya, industri membutuhkan standardisasi dan integrasi, peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, teknologi yang mumpuni, pengawasan dan tata kelola data center yang terencana, serta sistem keamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Perkuat cyber security

Meskipun disebutkan terakhir dalam perjalanan transformasi lima langkah ini, cyber security atau keamanan siber tidak diragukan merupakan elemen terpenting.

Dengan operasi industri yang menghadapi ribuan upaya peretasan dunia maya setiap harinya, pengelolaan risiko keamanan siber menjadi dasar dari setiap strategi digital dan matriks manajemen risiko.

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Fungsi Teknologi Digital di Rumah Sakit

Jika ingin melindungi dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan, perusahaan pun perlu secara proaktif mengelola risiko dunia maya mereka di seluruh siklus hidup operasi.

Dengan memanfaatkan model bisnis baru, aliran pendapatan, dan peluang lain di era digital yang holistik serta dinamis, keamanan siber bisa jadi ujung tombak keberhasilan industri.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

3 thoughts on “Jangan Ketinggalan Zaman, Industri Harus Terdigitalisasi dengan 5 Langkah Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: