4 Strategi Mengamankan Jaringan Internet di Rumah dari Hacker

Jaringan internet merupakan disrupsi terbesar abad ke-21. Dengan jaringan internet, banyak orang dapat menjalin komunikasi dengan mudah melewati zona waktu dan wilayah yang berbeda.

Selain itu, kita juga bisa belajar, bekerja, dan bersosialisasi dengan praktis kapan saja.

Namun, banyak perangkat pintar, seperti asisten virtual, bel pintu pintar dengan kamera IP, termostat pintar, dan bahkan TV pintar belum dirancang dengan mempertimbangkan tingkat keamanan tertinggi.

Baca juga: Perkenalkan Schneider Electric, Perusahaan Paling Berkelanjutan di Dunia!

Alhasil, perangkat-perangkat tersebut kerap diicar penjahat dunia maya (cyber attack). Setelah diretas, data seperti kredensial perbankan, kebiasaan menonton, dan riwayat penelusuran pun dapat mereka miliki. Cyber attack juga menimbulkan ancaman ransomware yang membahayakan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga jaringan internet di rumah untuk mengurangi risiko serangan dunia maya. Caranya, lakukan empat tips berikut.

1. Sadari pentingnya produk cyber security

Untuk menghindari cyber attack, sebaiknya Anda menggunakan produk cyber security yang andal.

Melansir laman Schneider Electric, keamanan siber merupakan elemen penting dari platform EcoStruxure.

Bahkan, Schneider Electric kian memperkuat produknya dengan menerapkan secure-by-design development lifecycle process (SDL) untuk mematuhi standar keamanan siber terkemuka dan paling dikenal di dunia (ISA/IEC 62443).

2. Ubah kredensial default router

Ketika Anda baru pertama kali membeli modem atau router, biasanya Anda akan diminta untuk menyetel kata sandi baru. Lakukan perubahan kredensial default itu. Sebab, hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan.

Jika kunci atau kata sandi tidak pernah diubah, bisa saja ada yang mengetahui kata sandi awal dan mereka dapat mengakses router dengan mudah. Hal ini akan memungkinkan mereka dapat leluasa mencuri segala data yang Anda miliki.

Baca juga: Simak 3 Langkah Strategis Kurangi Biaya Operasional Data Center Perusahaan

Selain mengubah kredensial router WiFi, akses jarak jauh juga harus dinonaktifkan. Ini akan mengurangi kemungkinan serangan dari penyusup dari luar rumah.

3. Pastikan mengaktifkan pembaruan otomatis

Sebagian besar perangkat rumah pintar menawarkan opsi pembaruan otomatis yang dapat diaktifkan pengguna. Saat pembaruan otomatis ini diaktifkan, Anda tak perlu repot mengecek setiap terdapat notifikasi.

Perangkat yang menerima pembaruan secara otomatis akan menerima manfaat keamanan yang berkelanjutan.

4. Setel ulang nama SSID

Langkah selanjutnya, Anda juga bisa mengganti nama service set identifier (SSID). Namun, lebih baik jangan menggunakan nama Anda pribadi atau nama jalan tempat Anda tinggal karena orang di sekitar akan tahu kalau jaringan tersebut berasal dari rumah Anda.

Pengubahan nama SSID juga berfungsi agar jenis perangkat tidak diketahui oleh banyak orang. Di lain sisi, mematikan siaran SSID juga bisa Anda lakukan sebagai langkah antisipasi.

Baca juga: Edge Computing di Depan Mata, Yuk Melek 4 Faktor Ini agar Perusahaan Anda Sukses!

Standar keamanan tersebut tentu akan membantu jaringan internet yang Anda miliki lebih tahan terhadap serangan dunia maya sehingga Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari menggunakan internet dengan aman dan nyaman.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

2 thoughts on “4 Strategi Mengamankan Jaringan Internet di Rumah dari Hacker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: