Simak 3 Langkah Strategis Kurangi Biaya Operasional Data Center Perusahaan

Apa yang Anda ketahui dari fungsi data center? Well, data center merupakan sebuah fasilitas untuk menampung kebutuhan penyimpanan data dan konektivitas jaringan. Perannya cukup vital karena tanpa adanya data center, operasional sebuah perusahaan akan terganggu.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah data center meliputi sistem keamanan, pemrosesan dan penyimpanan, bandwidth, sumber daya listrik, serta IP provider. Komponen-komponen tersebut akan mendukung kemampuan data center dalam beroperasi.

Baca juga: Perkenalkan Schneider Electric, Perusahaan Paling Berkelanjutan di Dunia!

Namun, terkadang perusahaan terkendala dengan biaya perawatan data center yang mahal. Kendati demikian, ada beberapa cara yang bisa Anda jalani untuk mengurangi biaya yang tidak diperlukan. Simak ulasan berikut.

1. Atur ulang strategi pemeliharaan

Pada era Internet of Things (IoT), hampir semua data yang terdapat di data center dapat diakses melalui sistem manajemen terpusat. Dengan memantau data ini secara cermat, Anda dapat membuat keputusan pemeliharaan yang jauh lebih cerdas dan lebih murah.

Schneider Electric, salah satu perusahaan yang fokus pada teknologi data center menyarankan untuk menghindari jenis pemeliharaan berbasis darurat.

Misalnya, peralatan baru diperbaiki ketika menemukan kerusakan. Hal ini tentu dapat mengakibatkan downtime data center dan merusak operasional perusahaan Anda.

Langkah yang mesti Anda jalani adalah dengan menerapkan pemeliharaan otomatis. Anda hanya perlu mengganti komponen sistem berdasarkan rekomendasi yang terdapat pada data menggunakan analitik.

2. Beri penawaran menarik untuk karyawan berpengalaman

Menerapkan program pemeliharaan yang efektif membutuhkan staf yang berpengalaman. Cara ini akan mengurangi turnover karyawan yang keluar dan juga meminimalisasi biaya onboarding karyawan baru.

Sebab, setiap kali Anda kehilangan pekerja, Anda harus mengeluarkan biaya untuk melatih penggantinya.

Baca juga: Raih Dua Penghargaan Sekaligus, Bukti Schneider Electric Sebagai Pemimpin di Bidang Teknologi

Untuk cara yang lebih efisien, sebaiknya manfaatkan karyawan berpengalaman yang telah setia bekerja di perusahaan Anda dengan menawarkan gaji atau tunjangan yang pantas dan jalur karier yang jelas. Dengan cara ini, perusahaan akan memiliki karyawan yang lebih berdedikasi dan berkinerja baik.

3. Adakan pelatihan khusus

Selain memberikan pelatihan terkait teknologi data center secara umum, sebaiknya perusahaan juga memberikan pelatihan spesifik yang dikhususkan untuk mengoperasikan peralatan data center Anda. Pasalnya, site atau lokasi setiap data center memiliki tantangan tersendiri.

Dengan kemampuan yang terpusat, para pekerja tentu akan lebih ahli dalam merawat dan mengoperasikan sistem data center perusahaan Anda. Alhasil, data center jadi lebih tahan lama dan mengurangi biaya kerusakan.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Simak 3 Langkah Strategis Kurangi Biaya Operasional Data Center Perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: