Sebelum Merenovasi Rumah, Perhatikan 3 Syarat Berikut!

Saat ini, ada beragam alasan mengapa seseorang ingin merenovasi rumah mereka. Baik itu untuk sekadar memperbaiki beberapa sudut ruangan, mengganti nuansa interior, maupun merombak total seluruh bangunan rumah.

Apapun alasannya, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah merencanakan semua proses renovasi jauh-jauh hari. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan dalam merenovasi rumah? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Rencanakan anggaran

Hal pertama dan terpenting yang harus diperhatikan adalah menentukan anggaran.

Menurut Schneider Electric, proses renovasi dapat dilakukan secara efisien dan efektif bila Anda merencanakan dan mempertimbangkan anggaran.

Bila Anda tidak memiliki rencana anggaran, sangat tidak disarankan untuk terjun langsung ke proses renovasi. Sebab, hal ini akan membuat Anda sulit di kemudian hari. Pasalnya, rencana anggaran berperan dalam memastikan bahwa biaya yang Anda gunakan tidak kurang.

2. Lakukan penelitian

Rencana renovasi yang tidak dipikirkan pada akhirnya dapat menimbulkan banyak kekacauan dan kebingungan. Ada banyak sumber dan informasi yang tersedia yang dapat Anda manfaatkan untuk mengidentifikasi apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda sebagai pemilik rumah juga dapat menemukan beberapa ide renovasi melalui riset. Perencanaan yang baik dan sistematis akan membuat proses renovasi jadi jelas dan lancar. Sebaliknya, perencanaan tanpa adanya riset mendalam akan membuat proses renovasi tidak efisien dan bisa memengaruhi biaya serta memakan waktu.

Baca juga: Upaya Schneider Electric Bantu Perusahaan Bangun Data Center Berkelanjutan

3. Gunakan jasa kontraktor

Setelah Anda memiliki rencana anggaran dan riset mengenai rumah idaman, langkah selanjutnya adalah menyewa kontraktor untuk mengerjakannya. Mengapa harus kontraktor? Sebab, dengan berkonsultasi bersama kontraktor akan membuat seluruh proses renovasi menjadi lebih sistematis.

Selain itu, kontraktor yang andal juga tak hanya memikirkan tentang bangunannya saja, tetapi membuat semua ruangan dan komponen yang ada di dalam rumah menjadi lebih fungsional. Misalnya dengan pemanfaatan teknologi pintar dari Schneider Electric, mulai dari Wiser Smart Home, panel listrik andal, tempat charger untuk mobil listrik, hingga termostat digital.

Dengan demikian, rumah idaman pun bukan sekadar angan-angan. Selamat mendekorasi rumah, ya!

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Sebelum Merenovasi Rumah, Perhatikan 3 Syarat Berikut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: