Atasi Masalah Daya Listrik, Gunakan Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric…

Pada akhir 2017, pemadaman listrik di salah satu bandara terbesar di dunia, Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport menyebabkan Delta Airlines kehilangan pendapatan senilai 25-50 juta dollar AS atau setara Rp 350-700 miliar karena terpaksa membatalkan sekitar 1.400 penerbangan.

Maskapai tersebut juga membutuhkan waktu beberapa hari untuk melanjutkan jadwal normal mereka.

Tak hanya terjadi di bandara, dampak serupa juga biasa terjadi pada fasilitas lainnya. Bangunan besar dan fasilitas penting memang sangat bergantung pada tenaga listrikyang andal, tetapi masalah terkait listrik semakin sering terjadi. Ada banyak alasan untuk ini.

Peristiwa cuaca buruk yang meningkat, jaringan transmisi semakin menua, dan penambahan sumber daya yang tidak terpusat. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan lebih banyak gangguan daya yang disalurkan ke fasilitas. Jaringan listrik di dalam fasilitas juga menjadi lebih kompleks.

Baca juga: Jangan Salah Beli Panel Listrik, Perhatikan 5 Aspek Ini

Oleh karenanya, infrastruktur listrik harus lebih tangguh. Jika bisnis Anda mengandalkan tenaga listrik yang bersih, stabil, dan andal, Anda perlu mempertahankan kualitas daya tingkat tinggi, idealnya memenuhi standar internasional, seperti EN 50160 dan IEEE 519.

Selain itu, Anda perlu melakukan digitalisasi terhadap sistem distribusi daya listrik agar membantu meningkatkan visibilitas, insight, dan dukungan keputusan yang lebih baik untuk membantu mengatasi masalah kualitas daya yang kompleks.

Salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric. Pada teknologi ini, Anda bisa memanfaatkan sistem distribusi daya dan manajemen tenaga listrik untuk fasilitas Anda.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat penggunaan EcoStruxure Power, simak ulasan berikut.

1. Pemantauan distribusi listrik

EcoStruxure Power akan meningkatkan visibilitas status seluruh sistem kelistrikan. Ini akan membantu tim operasional menganalisis laporan tentang kondisi permintaan puncak daya dan menyiapkan peralatan UPS, transformator, atau generator sebagai antisipasi mati listrik.

Tim Anda juga akan menerima alarm pada setiap kondisi atau kejadian yang tidak normal. Ini memungkinkan Anda dapat menganalisis dan memahami dari mana asal kegagalan jaringan distribusi listrik terjadi.

2. Tenaga listrik cadangan

Kelangsungan bisnis bergantung pada aset penting seperti sistem tenaga cadangan. Anda perlu memastikan keandalan dan ketersediaan sistem back-up daya cadangan jika terjadi pemadaman listrik yang tidak terduga. Oleh karena itu, EcoStruxure Power akan membantu Anda menyediakan data akurat tentang sistem distribusi listrik.

Baca juga: Wajib Tahu, 3 Langkah Pabrik Lakukan Transformasi Digital

3. Manajemen kapasitas

Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric akan membantu Anda memahami kebutuhan kapasitas infrastruktur distribusi listrik, termasuk menyediakan perluasan atau modifikasi lingkungan fasilitas.

Teknologi tersebut dapat memastikan bahwa saat Anda meningkatkan fasilitas, daya listrik tidak akan melebihi kapasitas peralatan yang ada. Ini akan membantu mengurangi potensi risiko pada infrastruktur kelistrikan yang dapat menyebabkan kebakaran.

4. Analisis masalah tenaga listrik

Jika terjadi masalah daya yang berpotensi merusak jaringan listrik, Anda harus dapat mengisolasinya dengan cepat. EcoStruxure Power memberi Anda tools yang mencakup prioritas alarm, analisis urutan kejadian, dan deteksi arah gangguan yang membantu melakukan analisis akar penyebab secara efisien.

Baca juga: New Normal, Hotel Wajib Pakai 5 Teknologi Ini

Berbekal informasi itu, tim Anda dapat segera membuat keputusan yang tepat dan cukup menggunakan aplikasi seluler untuk membantu memulihkan daya serta melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

5. Pemantauan kualitas tenaga listrik

Masalah kualitas daya dapat luput dari perhatian dan berdampak besar pada operasional fasilitas. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kerusakan peralatan dan menurunnya masa pakai optimal.

Jika Anda menggunakan EcoStruxure Power, Anda tidak perlu gusar. Sebab, sistem ini memiliki alat analitik yang membantu Anda memahami titik kerusakan pada komponen listrik.  

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Atasi Masalah Daya Listrik, Gunakan Teknologi EcoStruxure Power dari Schneider Electric…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: