Jangan Salah Beli Panel Listrik, Perhatikan 5 Aspek Ini

Electric switchboard atau panel listrik adalah komponen kunci dari sistem distribusi daya di rumah. Berbagai panel listrik di switchboard membagi daya menjadi komponen yang lebih kecil dan mengirimkannya ke berbagai perangkat.

Alat ini juga menjalankan fungsi pengontrol dan bertindak sebagai perangkat pelindung untuk sistem tenaga di rumah. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mendedikasikan sebanyak mungkin waktu, tenaga, dan sumber daya untuk memasang panel listrik yang akan membantu Anda menghindari kejadian sengatan listrik.

Bersumber dari laman resmi Schneider Electric, berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu diingat saat memilih panel listrik untuk rumah Anda.

Baca juga: Wajib Tahu, 3 Langkah Pabrik Lakukan Transformasi Digital

1. Lokasi

Anda perlu memperkirakan lokasi yang tepat untuk memasang panel listrik. Ruangan yang dialokasikan untuk memasang panel listrik harus besar dan memiliki sirkulasi udara baik. Selain itu, penting bagi Anda untuk membatasi masuknya anak-anak ke ruangan ini untuk mencegah bahaya listrik.

2. Efisiensi

Efisiensi adalah titik kritis lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih panel listrik untuk rumah Anda. Hanya panel listrik yang efisien yang dapat berfungsi dalam situasi yang tidak terduga. Efisiensi panel listrik dan fungsinya pun saling berkorelasi.

Jika Anda ingin membuatnya ramah pengguna, kode warna dapat digunakan untuk perangkat Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sakelar listrik yang memiliki mekanisme interlock. Ini akan melindungi seluruh sistem sirkuit dari kegagalan kontrol.

3. Keandalan

Kualitas dan keandalan adalah hal yang menentukan umur peralatan listrik Anda. Gunakan selalu panel listrik merek ternama yang telah memenuhi semua standar kualitas dan keamanan seperti panel listrik dari Schneider Electric.

Schneider Electric pun menyediakan beragam panel listrik sesuai kebutuhan rumah dengan berbagai tipe, misalnya LV Switchboard jenis Okken, BlokSet, iPMCC, Prisma, dan Pragma.

4. Keamanan

Perlindungan keluarga Anda dan bangunan harus menjadi sudut pandang pertama yang dipertimbangkan saat membeli panel listrik. Karena switchboard mengatur semua aspek sistem kelistrikan, penting bagi Anda untuk mempelajari detail dan spesifikasi peralatan yang sesuai dengan rumah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli listrik berkualifikasi untuk memandu dan membantu Anda memahami spesifikasi yang diperlukan. Pastikan Anda memilih perangkat yang bisa menjangkau semua kebutuhan keamanan bangunan.

Baca juga: Bagaimana Tren Dekorasi Interior Tahun 2021?

5. Instalasi dan perawatan

Dianjurkan untuk menghubungi ahli listrik yang berkualifikasi untuk pemasangan yang tepat. Selain itu, selama pembelian, Anda harus membaca semua syarat dan ketentuan garansi dan memeriksa kembali layanan pemeliharaan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Jangan Salah Beli Panel Listrik, Perhatikan 5 Aspek Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: