Penerapan Edge Computing, Industri Wajib Perhatikan 3 Elemen Ini

Semakin banyak perusahaan industri yang melakukan upaya transformasi digital. Hal ini mendorong kebutuhan sumber daya komputasi, jaringan, dan penyimpanan yang andal bagi industri manufaktur.

Sekarang, banyak industri manufaktur yang telah memasang sistem jaminan kualitas otomatis atau quality assurance (QA) untuk lini produksi mereka.

Mulai dari memasang serangkaian kamera pada sistem robotik yang bisa melakukan sekitar 90 pemeriksaan QA yang berbeda hingga dapat mengirim video ke data center berbasis cloud untuk analisis guna menentukan lulus atau gagalnya suatu produk.

Baca juga: 5 Gangguan Kritis yang Menyebabkan Kebakaran Akibat Listrik Korslet

Aplikasi semacam itu sangat penting bagi bisnis dan Anda bisa menggunakan sistem komputasi tepi (edge computing) untuk memudahkan semua sistem dapat bekerja secara optimal. Namun, untuk menjaga dan memastikan teknologi tersebut dapat berjalan dengan lancar, ada tiga elemen penting yang harus industri pastikan, yaitu daya, jaringan, dan keamanan.

1. Memastikan daya berkelanjutan

Dalam aplikasi Industrial Internet of Things (IIoT), semua sensor dan perangkat yang menghasilkan data membutuhkan daya. Untuk memastikan sistem ini dapat berfungsi, industri memerlukan daya cadangan.

Menurut Schneider Electric, setiap pabrik harus mempunyai uninterruptible power supply (UPS) yang dapat memberi daya setidaknya pada beberapa perangkat hingga listrik kembali menyala. Untuk perangkat seperti sensor yang menghabiskan sedikit daya, UPS dapat menyediakan daya antara 10-90 menit.

Baca juga: 4 Cara Melindungi Rumah dari Korsleting Listrik

UPS juga dapat memberikan daya untuk sampai generator kembali bekerja. Hal ini akan memastikan bahwa proses di dalam pabrik tetap berfungsi secara menyeluruh.

2. Jaringan untuk koneksi kritis

Jaringan sangat penting karena jika Anda menghasilkan data tetapi tidak bisa mengirimkan data tersebut ke tempat yang seharusnya, maka data yang Anda miliki tidak ada gunanya. Pada tahap ini, Anda memerlukan jaringan yang andal. Namun, jaringan juga membutuhkan daya untuk beroperasi.

Para ahli yang tergabung dalam Schneider Electric Exchange berpendapat bahwa solusi edge computing memiliki peran penting dalam ketersediaan jaringan.

Edge computing membantu meminimalkan risiko pemadaman jaringan sehingga memastikan proses pekerjaan di dalam pabrik tetap beroperasi.

Selama jaringan di dalam fasilitas tetap berfungsi, maka bisnis berjalan seperti biasa. Lagi-lagi, di sini UPS dan generator memiliki peran vital dalam membantu memastikan pengoperasian yang berkelanjutan.

3. Cyber security

Terakhir, segera setelah Anda mulai mengirim data, Anda perlu menangani keamanan siber (cyber security) secara menyeluruh (end-to-end). Dalam hal keamanan siber, Anda perlu memastikan bahwa data dienkripsi dan dilindungi dari penyusup yang tidak diinginkan, seperti dengan menggunakan firewall, jaringan pribadi virtual, dan sistem deteksi  atau pencegahan gangguan.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Penerapan Edge Computing, Industri Wajib Perhatikan 3 Elemen Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: