Jaringan 5G dan Langkah Perusahaan dalam Menyambutnya

Ex-CEO Google Eric Schmidt pertama kali menggunakan istilah cloud computing atau komputasi awan pada Agustus 2006. Pada saat itu, bahkan hampir sebagian besar orang yang berkecimpung di dunia teknologi informasi terkejut dengan apa arti pendekatan revolusioner cloud computing bagi bisnis.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa cara transformatif dalam menyimpan, menganalisis, dan mengakses data banyak mengubah wajah industri bisnis di dunia.

Berkat komputasi awan, siapa saja kini dapat berkolaborasi dalam proyek secara real-time, berkumpul kapan saja di satu ruang virtual untuk konferensi, melayani pelanggan dengan lebih baik, dan memproses data dalam jumlah besar untuk mengakses insight yang relevan dengan cepat.

Baca juga: Kantor Pintar Baru Schneider Electric Usung Konsep Workplace of the Future

Namun, cloud computing merupakan penemuan revolusioner pada saat itu. Kini, kita harus terus melangkah ke depan dan menyambut teknologi baru yang lebih canggih, yakni 5G.

Hadirnya 5G bertujuan untuk memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.

Dengan adanya teknologi jaringan seluler generasi kelima yang berkecepatan tinggi ini, kapasitas data di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat hingga mencapai 175 zettabyte pada 2025 mendatang. Angka ini melonjak drastis dari 2010 lalu yang tercatat sebesar 1,2 zettabyte.

Internet generasi kelima ini memang menarik karena menghadirkan tawaran koneksivitas skala besar dengan kecepatan hingga 100 kali lipat dan tingkat latensi yang 25 kali lebih rendah dari 4G.

Mempersiapkan peluncuran 5G

Melansir laman Schneider Electric, dalam integrasi 5G perusahaan memerlukan upaya kolaboratif antara tim teknologi informasi (yang mengelola jaringan operasi), tim research and development dan lini bisnis, tim cyber security, provider telepon seluler, dan mitra strategis. Selain itu, jangan lupa untuk mengajak tim regulator untuk membantu menavigasi berbagai peraturan yang ada di negara atau regional perusahaan Anda berada.

Seperti apa integrasi 5G untuk industri?

Berikut adalah pandangan pragmatis tentang dampak 5G di pabrik Le Vaudreuil milik Schneider Electric di Prancis, yang diakui oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) sebagai salah satu dari sembilan situs “lighthouse” canggih dunia yang menanamkan teknologi revolusi industri 4.0 ke dalam operasional produksinya.

Saat melakukan pengetesan, mereka berinovasi bersama Orange, perusahaan operator global untuk menyederhanakan operasi teknologi informasi, meningkatkan dukungan untuk manufaktur, dan mempercepat digitalisasi industri di pabrik pintar tersebut.

Salah satu proyek percontohan integrasi 5G dengan Orange pun menguji aplikasi EcoStruxure Augmented Operator Advisor dari Schneider Electric. Ternyata, 5G dapat membawa aplikasi Augmented Reality ini ke level yang lebih tinggi. Pada jaringan 5G, operator memiliki pengalaman yang lebih baik dalam melihat dan berinteraksi dengan informasi kontekstual serta real-time di perangkat seluler untuk bagian produksi dan pemeliharaan.

Baca juga: Jangan Biarkan Ruang Server di Kantor Berantakan, Ini 6 Langkah Menatanya…

Dengan penerapan 5G, baik di dalam maupun di luar pabrik, akan ada kualitas yang lebih baik dan waktu respons yang terasa lebih cepat berkat latensi rendah yang dimiliki jaringan.

Tak hanya di dalam pabrik, Schneider Electric dan Orange juga mengambil sampel di luar ruangan. Faktanya, ini adalah satu area yang diharapkan dapat terbantu dengan kehadiran jaringan 5G. Jadi, pada suatu saat nanti ketika operator instalasi listrik, instalasi air, atau instalasi tenaga surya bekerja di lapangan, dapat memanfaatkan aplikasi Augmented Operator Advisor dengan baik berkat bantuan jaringan 5G.

Published by The Minimalist Husband

A lovely husband who loves to write and share insightful tips. Follow my Instagram @alekleak to know more or contact me on kurniawanalek17@gmail.com for content partnership. I'll see you soon!

One thought on “Jaringan 5G dan Langkah Perusahaan dalam Menyambutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: